Senin, 05 Oktober 2009

KONSEP PEMEROGRAMAN BERBASIS OBJEK (JAVA)

. Senin, 05 Oktober 2009

Hai teman-teman semua....!!!!
Pada artikel sebelumnya kita telah mengenal sejarah dan apa itu java, pada artikel kali ini akan membahas pengenalan awal terhadap konsep pemrograman berbasis objek (OOP-Object Oriented Programing ). Dalam pemerograman (OOP-Object Oriented Programing ), Pembahasan konsep dasar (OOP-Object Oriented Programing ) sangat perlu. Karna dengan memahami konsep dasar (OOP-Object Oriented Programing ), kita dapat melihat gambaran yang lebih jelas dan memperoleh pengertian tentang konsep OOP secara nyata.

Abstraksi merupakan suatu cara di mana kita melihat suatu objek dalam bentuk yang lebih sederhana . sebagai contoh kita tidak melihat mobil sebagai sekumpulan atau ribuan komponen elektronik, mekanik dengan empat buah ban, besi, besi, jok, stir kemudi dan lain sebagainya yang di sebut sedemikian rupa sehingga dinamakan mobil. Walaupun kenyataannya demikian, namun kita melihat mobil sebagai entitas yang mempunyai sifat dan karakter istik tersendiri. Dengan pemikiran seperti ini, kita dapat mengendarai mobil tanpa perlu memikirkan betapa rumitnya komponen yang menyusun sistem mobil itu sendiri. Dengan demikian kita tidak melihat bagian-bagian dalam sebuah mobil sebagai suatu bagian yang berdiri sendiri-sendiri. Tapi melihat dan menggunakannya sebagai satu kesatuan.

Dengan abstraksi, kita juga dapat melihat suatu sistem yang kompleks sebagai kumpulan subsistem yang lebih sederhana. Dari sini kita bisa melihat subsistem-subsistem tersebut masing-masing memiliki sifat dan karakteristik yang unik, seperti subsistem pengendalai stir pada mobil, sistem pengatur bahan bakar pada mobil dll, namun saling berintraksi dan bekerja sama menjadi satu kesatuan yang di kenal sebagai suatu entitas.

Pemahaman terhadap objek-objek di sekitar kita inilah yang akan mendasari pemahaman akan OOP. Tetapi yang terpenting yakni bagaimana mentransformasikan apa yang diketahui tentang suatu objek menjadi suatu program.

Referensi :

http://ikc.vip.net.id/populer/andry-kelasvirtual.php
http://ikc.vip.net.id/berseri/ginanjar-java/index.php
http://ikc.vip.net.id/berseri/eko-java/index.php

0 Command:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Isikan komentar anda di sini...

 

Pengikut

Posting Terbaru

Sobi's is proudly powered by FortalComputer.com | Template by o-om.com